Minggu, 13 April 2014

Wow! 2014 Tahunnya Supermoon

Fenomena Alam Supermoon - 2013

Sudahkah anda melihat Supermoon? atau anda hanya mengenal Sailormoon :D

Jangan khawatir, bagi anda yang ketinggalan atau tidak pernah melihat moment Supermoon, karena 5 Supermoon akan hiasi langit 2014!


Seperti dilansir Earthsky (12/1), supermoon pertama telah tampak di langit Bumi pada 1 Januari dan yang terdekat akan muncul pada 30 Januari mendatang.

Sementara itu, tiga supermoon lainnya akan hadir pada 28 Juli, 10 Agustus, dan 9 September 2014. Dan Supermoon terbesar akan hadir pada 10 Agustus dengan jarak bulan ke Bumi hanya 356.896 km. (Sumber: Merdeka.com)

Dengan demikian, masih tersisa 3 moment Supermoon yang akan muncul di tahun 2014.

Masih adakah yang bertanya apasih Supermoon itu? Katanya tanda-tanda akan terjadi bencana yang besar?

Fenomena Supermoon teradi pertama kali pada tahun 1955, sedangkan istilah Supermoon di perkenalkan oleh Richard nolle pada tahun 1979. Supermoon digunakan para astrologi untuk menggambarkan kondisi bulan penuh dan berada pada posisi terdekat dengan Bumi atau sekitar 10% dengan jarak lintasannya dari bumi sehingga bulan tampak lebih besar dan lebih terang.

Fenomena Supermoon sering dikaitkan dengan sumber penyebab bencana alam seperti Gempa Bumi, Gunung Meletus dan Banjir. Hal itu dikarenakan karena terjadinya supermoon hampir selalu berdekatan dengan terjadinya suatu bencana alam, Namun menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA) mengatakan pengaruh fenomenal Supermoon terhadap peningkatan aktifitas diatas permukaan bumi tidak terlalu signifikan, sehingga supermoon bukanlah penyebab bencana terutama banjir.

Lembaga Atariksa Amerika Serikat itu melihat pasang atau naik naiknya permukaan air laut selama fenomenal Supermoon hanya beberapa inci dari kondisi normal. Oleh sebab itu warga di pesisir pantai atau dekat dengan aliran sungai tidak perlu khawatir akan datangnya banjir rob yang lebih besar.

Ditahun berikutnya Supermoon akan terus mengecil dari sebelumnya karena Bulan akan terdorong dari Orbit Bumi dan bergerak sekitar 3,8 CM menjauhi Bumi setiap tahunnya. (Sumber: lintasfakta.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar